Lance Amstrong berdamai dengan Sunday Times

lance armstrong
Image caption Pebalap sepeda Lance Armstrong mengaku menyesal telah memakai doping.

Pebalap sepeda yang terbukti menggunakan doping, Lance Armstrong, setuju membayarkan uang damai kepada koran Sunday Times yang telah menggugatnya sebesar sekitar £1 juta (Rp17 miliar), kata koran Sunday Times.

Armstrong, 41, telah membayar £300.000 (sekitar Rp5 miliar) untuk menyelesaikan kasus pencemaran nama baik pada tahun 2004 setelah surat kabar itu menuduh dia telah berbuat curang.

Setelah pejabat AS tahun lalu menemukan bukti bahwa Armstrong menjalani sebuah program doping yang "canggih," koran tersebut menuntut kembali uang mereka ditambah bunga dan biaya lain.

Sunday Times mengatakan telah mencapai "penyelesaian akhir yang disetujui bersama."

Adalah David Walsh, penulis olahraga Sunday Times, yang pertama kali mempertanyakan Armstrong pada tahun 1999, ketika ia memenangkan Tour de France untuk pertama kalinya.

Pada tahun 2004, surat kabar ini kembali menerbitkan sebuah artikel yang mengatakan kinerja Armstrong menjadi pertanyaan yang harus "diajukan dan dijawab."

Saling tuntut

Pengacara pembalap sepeda asal Amerika Serikat ini kemudian memutuskan bahwa artikel itu berarti mengatakan Armstrong adalah "penyimpang, penipu dan pembohong."

Sunday Times telah menyelesaikan masalah ini pada Juni 2006.

Namun, tahun lalu, badan antidoping Amerika Serikat mengatakan bahwa Armstrong adalah seorang penipu "beruntun" yang pernah melakukan "program doping yang paling canggih, profesional dan sukses yang pernah ada di dunia olahraga.

Armstrong selalu membantah doping selama karirnya, tapi akhirnya akhirnya ia mengaku dalam wawancara dengan Oprah Winfrey pada Januari lalu.

Kejadian ini membuat Sunday Times menulis kepada pengacara Armstrong pada Desember tahun lalu, yang mengatakan kini jelas bahwa pernyataan sebelumnya oleh atlet itu adalah "tidak berdasar dan palsu" dan menuntut pengembalian uang mereka.

Dalam edisi terbaru dari Sunday Times, surat kabar mengumumkan bahwa mereka, Walsh dan English telah "mencapai resolusi akhir yang disetujui bersama untuk semua klaim terhadap Lance Armstrong terkait proses di Pengadilan Tinggi pada tahun 2012."

Berita terkait